presiden cinaNew York, LiputanIslam.com — Cina akan melibatkan delapan ribu tentaranya dalam pasukan penjaga perdamaian PBB. Demikian janji Presiden Cina Xi Jinping dalam Sidang Majelis Umum PBB, Senin lalu (28/9).

Langkah itu diperkirakan membuat Cina menjadi pemain terbesar dalam tugas penjagaan perdamaian PBB. Demikian seperti dilaporkan Antara, Selasa petang.

Janji Xi tersebut diungkapkan saat Cina berupaya menunjukkan bahwa mereka adalah negara dengan tanggung jawab internasional, di tengah keprihatinan mengenai peningkatan kekuatan militer mereka serta sengketa kawasan di Asia-Pasifik.

Dalam kunjungan kenegaraan ke Washington pada hari Jumat, Xi dan Presiden AS Barack Obama sepakat bahwa kedua negara akan meningkatkan tekad kuat untuk menjaga perdamaian.

Keduanya termasuk dalam lebih dari 50 pemimpin negara yang menjanjikan sekitar 40 ribu tentara dan polisi, serta peralatan atau latihan bagi misi penjaga perdamaian PBB dalam pertemuan tingkat tinggi PBB yang dipimpin Obama, Senin.

“Cina akan bergabung dalam sistem baru kesiagaan penjaga perdamaian PBB, dan oleh karenanya memutuskan untuk memimpin pembentukan pasukan polisi penjaga perdamaian permanen, serta membentuk pasukan siaga penjaga perdamaian dengan 8 ribu tentara,” kata Xi.

Ia mengatakan Cina akan menyediakan bantuan militer senilai 100 juta dolar AS kepada Uni Afrika dalam lima tahun mendatang, untuk mendukung pembentukan pasukan siaga Afrika serta meningkatkan kapasitas tanggap krisis.

Dalam pertemuan puncak, Xi mengatakan sebagian dari dana pembangunan dan perdamaian Cina-PBB senilai 1 miliar selama 10 tahun yang dibentuk Cina, akan digunakan untuk operasi penjaga perdamaian.

Cina juga akan memberikan “pertimbangan menguntungkan” bagi permintaan PBB untuk lebih banyak staf medis, transport dan permesinan Cina, namun “strategi operasi perlu diformulasikan dan dilaksanakan dengan tepat,” kata Xi.

Obama, yang pekan lalu menggelar pertemuan dengan Xi di Washington, menjabat tangannya dengan penuh semangat saat meninggalkan podium, Senin.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL