konglo hitam cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina menghukum mati bos mafia pertambangan Liu Han atas kejahatan melakukan kejahatan mafia dan pembunuhan. Adik Liu, Liu Wei dan 3 anggota kelompok Liu lainnya juga turut dihukum mati.

Sebagaimana dilaporkan BBC News dengan mengutip kantor berita Xinhua, Senin (9/2), kelima orang itu dieksekusi setelah Mahkamah Agung Cina mengukuhkan hukuman mati yang telah dijatuhkan pengadilan yang lebih rendah tahun lalu. Namun tidak disebutkan dimana dan dengan cara apa kelimanya dieksekusi.

Liu bersaudara, pemilik perusahaan tambang Hanlong Group yang berbasis di Sichuan dipercaya mendapat perlindungan mantan kepala keamanan dan anggota Politburo Cina, Zhou Yongkang, dalam menjalankan bisnisnya. Yongkang sendiri kini tengah menjalani penyidikan atas dugaan korupsi. Ia adalah pejabat tertinggi Cina yang terjerat kasus korupsi dalam kampanye pembersihan yang dilakukan Presiden Xi Jinping sejak menjabat tahun 2012.

Hanlong Group adalah perusahaan konglomerat yang bergerak di berbagai bidang, termasuk telekomunikasi dan kimia. Namun bisnis utamanya adalah pertambangan. Sebagai konglomerat, Liu bersaudara sangat berpengaruh di Cina, terutama semasa Yongkang masih berkuasa.

Xinhua menyebutkan perusahaan tersebut telah memonopoli secara ilegal bisnis permainan di kota Guanghan di Provinsi Sichuan. Dalam praktiknya perusahaan itu juga telah menindas warga lokal, menghancurkan ekonomi lokal dan merusak tatanan sosial.

Dalam beberapa bulan terakhir sejumlah pejabat Provinsi Sichuan juga harus menjalani pemeriksaan dan penyidikan korupsi. Provinsi ini juga menjadi basis kekuatan Zhou Yongkang saat ia menjabat sebagai Sekretaris Partai Komunis Provinsi tersebut, sebelum diangkat sebagai menteri keamanan publik pada tahun 2003.

Pada bulan Desember 2014 lalu Zhou akhirnya ditangkap setelah sekitar setahun diberhentikan dari jabatannya sebagai menteri keamanan dan anggota Politburo Partai Komunis Cina, lembaga paling berpengaruh di Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL