china cultBeijing, LiputanIslam.com — Dua orang pengikut sekte terlarang “Gereja Tuhan Maha Kuasa” menjalani hukuman mati setelah dinyatakan terbukti melakukan pembunuhan terhadap seorang wanita di restoran McDonald di kota Zhaoyuan bulan Mei 2014.

Zhang Lidong dan putrinya Zhang Fan membunuh Wu Shuoyan (35 tahun) setelah wanita ini menolak untuk menjadi anggota sekte tersebut saat mereka berdua bersama beberapa anggota sekte lainnya berusaha merekrutnya di sebuah restoran McDonald.

Seperti dilansir BBC News, Senin (2/1), Pengadilan Rakyat Shandong Yantai mengumumkan pelaksanaan hukuman mati itu di akun resmi media sosial populer Cina Weibo, hari Senin. Keduanya bersama tiga anggota sekte lainnya dijatuhi hukuman pada bulan Oktober tahun lalu. Tiga anggota lain menjalani hukuman penjara dari 7 tahun hingga seumur hidup. Namun tidak dijelaskan dimana dan bagaimana hukuman mati itu dijalankan.

Dalam pernyataannya pengadilan menyebutkan Zhang Fan telah meminta nomor telepon Wu Shuoyan dua kali. Ketika ia menolak permintaan itu, mereka menganggapnya sebagai wanita yang telah dikuasai oleh setan. Seketika Zhang Fan menyerangnya dengan menggunakan kursi.

Seluruh anggota sekte kemudian beramai-ramai mengeroyok wanita malang itu dengan dipimpin oleh Zhang Lidong. Wu meninggal di tempat akibat pengeroyokan itu.

Aksi tersebut menjadi perhatian besar warga Cina, terutama setelah munculnya videonya aksi kekerasan itu yang direkam oleh seorang saksi. Aparat keamanan pun telah menangkap ratusan anggota sekte terlarang itu.

Sekte terlarang itu didirikan 25 tahun lalu oleh Zhao Weishan yang mengaku telah bertemu langsung dengan Tuhan. Kini ia tinggal di AS setelah kelompoknya dinyatakan terlarang oleh pemerintah Cina.

Sekte ini berkeyakinan bahwa Tuhan telah turun ke dunia dalam bentuk seorang wanita Cina untuk mempersiapkan terjadinya kiamat. Dalam situs miliknya, kelompok ini mengklaim memiliki anggota jutaan orang dan sekitar 400.000 di antaranya telah ditangkap pemerintah Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL