pesawat pembom cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina mengelar latihan militer pertama di kawasan Pasifik Barat, hari Senin lalu (30/3).

Militer Cina mengatakan pesawat-pesawat tempurnya terbang melintasi Selat Bashi, jalur laut antara Pulau Y’Ami di Filipina dan Pulau Orchid Taiwan.

“Ini adalah pertama kalinya Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) melakukan latihan seperti ini di perairan yang jauh dari pantai Cina,” kantor berita Xinhua melaporkan dengan mengutip Jubir Militer Shen Jinke, Selasa (31/3).

Ia menambahkan bahwa latihan tersebut sesuai dengan apa yang biasa dilakukan negara-negara besar lain.

Xinhua, seperti dikutip Press TV, menambahkan bahwa latihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan mobilitas AU Cina di lautan lepas.

Kemenhan Cina juga merilis foto-foto yang menunjukkan pesawat-pesawat pembom jarak jauh Cina kembali ke pangkalannya usai latihan.

Latihan tersebut berlangsung di tengah-tengah ketegangan antara Cina dengan negara-negara tetangganya di kawasan Laut Cina, terkait masalah teritorial. Kawasan tersebut diperkirakan menyimpan kekayaan alam yang cukup besar.

Cina mengklaim seluruh kawasan Laut Cina sebagai wilayahnya, hal yang ditentang oleh negara-negara seperti Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam, Taiwan hingga Indonesia.

Pada tahun 2013 Cina memperluas wilayah pertahanan udaranya di Pasifik utara hingga mencakup wilayah-wilayah yang diklaim Jepang sehingga memicu ketegangan dengan Jepang dan AS. Media-media Jepang melaporkan bahwa langkah serupa akan dilakukan Cina di Laut Cina Selatan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL