afghan conferenceBeijing, LiputanIslam.com — Cina tengah menggelar konperensi internasional keamanan dan pembangunan Afghanistan, pada saat AS dan sekutu-sekutunya mempersiapkan diri untuk meninggalkan negara itu tahun ini.

Konperensi tahunan yang dinamai “Ministerial Conference of the Istanbul Process on Afghanistan” dibuka di Beijing hari Jumat (31/10), dipimpin oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang baru saja dilantik. Demikian lapor Press TV.

Konperensi ini mempertemukan Afghanistan dan Cina beserta 12 negara lainnya termasuk Iran dan AS. Dalam pertemuan itu Presiden Afghanistan menyerukan semua kelompok di negaranya, termasuk Taliban untuk bergabung dalam proses perdamaian di Afghanistan.

Sementara itu Perdana Menteri Cina Li Keqiang mengajak masyarakat internasional untuk menghormati kedaulatan dan integritas Afghanistan dan menjauhi campur tangan terhadapnya.

Sebelumnya pemerintah mengumumkan rencana bantuan cuma-cuma senilai $330 juta, bersama pelatihan dan 3.500 beasiswa bagi para pelajar Afghanistan dalam 5 tahun ke depan.

Beijing adalah salah satu investor utama di Afghanistan.

Cina membagi perbatasan sejauh 76 kilometer bersama Afghanistan di wilayah yang terpencil dan berpegunungan, yaitu di wilayah Wakhan Corridor di Xinjiang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL