Chinese nationals cross to Cambodia from Vietnam at the Bavet international checkpoint in Svay Rieng provinceHong Kong, LiputanIslam.com — Cina telah mengevakuasi lebih dari 3.000 warganya dari Vietnam dan kini tengah mengirimkan kapal-kapal tambahan untuk mengevakuasi sisanya, menyusul terjadinya aksi-aksi kerusuhan anti-Cina di Vietnam.

Sebagaimana dilaporkan CNN dengan mengutip kantor berita Xinhua hari Minggu (18/5), 5 kapal Cina kini tengah berlayar menuju Vietnam untuk membantu evakuasi warga Cina. Laporan berdasar keterangan pejabat kementrian transportasi Cina.

Dikabarkan juga sebanyak 16 orang warga Cina yang terluka serius oleh aksi kerusuhan telah diterbangkan dengan menggunakan pesawat yang dicharter pemerintah Cina.

Sejauh ini terkonfirmasi 2 orang warga Cina tewas akibat aksi kerusuhan. Lebih dari 100 korban lainnya mengalami luka-luka.

Dalam aksi-aksi kerusuhan itu pabrik-pabrik yang kebanyakan milik pengusaha Cina dan Thaiwan, menjadi korban pengrusakan dan pembakaran.

Pada awalnya pemerintah Vientam yang biasanya melarang aksi-aksi demonstrasi, mengijinkan warga berpartisipasi dalam unjuk rasa menentang langkah Cina membangun fasilitas pengeboran minyak lepas pantai di dekat Kepulauan Paracel yang diklaim Vietnam. Namun aksi-aksi demonstrasi kemudian berubah menjadi kerusuhan yang tidak terkontrol.

Sementara itu ketegangan di Laut Cina Selatan antara Cina dan Vietnam tidak juga mereda. Kantor berita Vietnam VNA pada hari Sabtu (17/5) menuduh Cina terus menunjukkan “sikap agresif dengan mengirim lebih banyak kapal perang” ke area sekitar pengeboran minyak. Vietnam telah mendesak Cina untuk menarik kembali fasilitas pengeboran itu dari wilayah sengketa.

Mengutip informasi dari Vietnam Fisheries Surveillance Department, VNA menyebutkan pada hari Sabtu terdapat 119 kapal Cina di sekitar perairan sengketa, termasuk kapal perang, kapal pengawal pantai, dan kapal nelayan. Beberapa kapal itu, menurut VNA, melakukan tindakan provokasi dengan melakukan manuver hendak menabrak serta menembakkan meriam air ke arah kapal-kapal Vietnam.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL