jubir kemenlu cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina mendukung langkah Rusia di Suriah dan menyerukan masyarakat internasional untuk bersatu memerangi terorisme berdasarkah hukum internasional dan menghormati kedaulatan negara Suriah.

Hal itu disampaikan Jubir Kemenlu Cina Hua Chunying dalam konperensi pers di Beijing, Jumat (5/12), seperti dilaporkan kantor berita Rusia TASS.

“Kami selalu mendukung upaya-upaya sejumlah negara, termasuk Rusia, untuk meyakinkan keamanan internasional. Perihal serangan Rusia terhadap teroris di Suriah, kami juga telah menyatakan dukungannya,” kata Hua Chunying.

Ia menambahkan bahwa negaranya menolak setiap bentuk terorisme dan mendukung setiap tindakan kontra-terorisme yang sesuai dengan hukum internasional, dan juga mendukung sesuatu yang disetujui oleh pemerintah sebuah negara.

Rusia melancarkan serangan udara terhadap kelompok ISIS dan kelompok pemberontak di Suriah sejak 30 September lalu atas undangan pemerintah Suriah dan setelah disetujui oleh parlemen Rusia. Serangan Rusia itu secara efektif telah menghancurkan kekuatan ISIS dan pemberontak Suriah sehingga pasukan pemerintah Suriah kini berhasil merebut kembali sejumlah besaw wilayah yang dikuasai ISIS dan pemberontak.

Rusia kini terlibat dalam ketegangan dengan Turki terkait dengan konflik Suriah setelah pesawat-pesawat tempur Turki menembak jatuh pesawat tempur Rusia yang tengah melakukan serangan udara terhadap pemberontak Suriah bulan lalu. Turki diketahui menjadi salah satu pendukung utama pemberontakan di Suriah.

PBB memperkirakan korban akibat konflik di Suriah sejak tahun 2011, has mencapai 250.000 orang. Selain itu konflik itu juga mengakibatkan sekitar 7,3 juta orang kehilangan tempat tinggal dan memaksa lebih dari 4 juta orang menjadi pengungsi di negara-negara tetangga.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL