140602211607-guo-jian-4-story-topHongkong, LiputanIslam.com — Pemerintah Cina akan segera mendeportasi seniman berdarah campuran Cina-Australia yang telah menyinggung Tragedi Tiananmen dengan karya seninya dan mengecam pemerintah Cina atas tragedi tersebut.

Guo Jian yang memegang passport Australia meski tinggal di Cina, ditangkap polisi Cina akhir pekan lalu, sehari setelah karya terakhirnya muncul di media Amerika Financial Times. Karya seni tersebut berupa diorama Lapangan Tiananmen yang terbuat dari daging babi seberat 160 kg.

Dalam pernyataannya yang menyertai pemuatan gambar diorama tersebut, Guo mengecam keras aksi kekerasan yang dilakukan militer Cina terhadap para demonstran tanggal 4 Juni 1989.

“Tentara dianggap sebagai institusi yang dicintai. Namun di Tiananmen saya menyadari hal itu tidak demikian. Mereka akan membunuh jika diperintah,” kata Guo.

Otoritas Cina mengklaim menahan Guo karena masalah visa dan akan mendeportasinya dalam waktu 15 hari setelah ditahan.

Aktifis Amnesty International di Cina, William Nee mengatakan bahwa penyebab ditahan dan dideportasinya Guo adalah karena kebebasan ekspresi yang dilarang pemerintah Cina.

Lahir di Cina, Guo sempat bergabung dengan militer Cina akhir dekade 1970-an dan terlibat dalam perang Cina-Vietnam saat berusia 17 tahun. Ia kemudian bekerja sebagai pegawai propaganda pada sebuah perusahana angkutan dan kemudian belajar sekolah seni di Beijing.

Kepada Financial Times ia mengaku melihat aksi penembakan oleh tentara Cina terhadap demonstran mahasiswa di Lapangan Tiananmen. Ia juga melihat mayat-mayat menumpuk di rumah sakit lokal.

“Berjalan di dalam rumah sakit dan ke dalam ruang gawat darurat yang penuh dengan mayat, bau darah lebih menyengat daripada di ruang studio saya. Saya terguncang, marah, sedih, dan tidak berdaya,” katanya kepada Financial Times.

Setelah peristiwa itu dan demi menghindari penangkapan, Guo melarikan diri ke Australia yang menerimanya sebagai warganegara baru dan tinggal selama 13 tahun.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL