Chinese President Xi Jinping visits South KoreaBeijing, LiputanIslam.com — Cina dan Korea Selatan setuju untuk membangun infrastruktur keuangan yang memungkinkan keduanya melakukan pembayaran langsung dalam perdagangan kedua negara. Lebih dari itu, dengan sistem perdagangan baru, kedua negara tidak memerlukan lagi dolar sebagai alat pembayarannya.

Sebagaimana dilaporkan media Rusia Voice of Russia, Jumat (4/7), untuk mewujudkan sistem pembayaran tersebut Cina akan mendirikan bank di Seoul.

Bank sentral Cina telah memberi kuasa Bank of Communications, bank terbesar ke-5 Cina, untuk menangani pembayaran mata uang yuan di Korea Selatan. Demikian keterangan bank sentral Cina, People’s Bank of China (PBoC) dalam pernyataannya, Jumat.

Pengumuman tersebut dikeluarkan saat Presiden Xi Jinping tengah melakuan kunjungan ke Korea Selatan.

Cina tengah berupaya memperkenalkan mata uang yuan sebagai alat pembayaran internasional, seiring perkembangan ekonomi Cina yang pesat dan membayangi AS sebagai kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Dalam pernyataan bersama yang digelar hari Kamis (3/7) antara Presiden Xi dan mitranya Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, kedua negara setuju untuk memperkuat  upaya untuk meluncurkan perdagangan langsung antara kedua negara dengan menggunakan mata uang yuan dan won.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL