Cina Ancam Taiwan Paska Pemilu

pemilu taiwanTaipeh, LiputanIslam.com — Cina bereaksi keras terhadap hasil pemilihan umum Taiwan yang dimenangkan oleh kelompok anti-Cina. Hanya beberapa jam setelah pengumuman hasil pemilu di Taiwan, Ahad kemarin (17/1), Cina mengancam bahwa akan terdapat akibat-akibat buruk jika Taiwan meneruskan niatnya untuk memisahkan diri dari Cina.

Partai Demokrat Progressif (DPP) memenangkan pemilihan umum di Taiwan secara meyakinkan dengan merebut posisi Presiden selain menjadi kekuatan mayoritas di parlemen. Pemimpin DPP, Tsai Ing-wen, dipastikan menjadi wanita pertama yang menduduki jabatan presiden Taiwan.

Selama delapan tahun terakhir, Taiwan dipimpin oleh Ma Ying-jeou yang berhasil membawa Taiwan lebih dekat ke Cina, selain memberikan kestabilan politik dan ekonomi. Sebaliknya Tsai dan DPP memperjuangkan kemerdekaan Taiwan dari Cina.

Media Cina China Cheat Sheets menyebut perubahan kepemimpinan di Taiwan akan membawa ke era ketidakstabilan di kawasan Selat Taiwan yang memisahkan kedua negara. Ia juga menyebut ide kemerdekaan sebagai “racun.”

“Jika tidak ada perdamaian dan kestabilan di Selat Taiwan, penguasa baru Taiwan akan mendapatkan rakyatnya menderita, yang seharusnya ditingkatkan taraf ekonominya dan kehidupannya, dan para pemudanya akan menjadi orang-orang tak berguna,” demikian pernyataan pemerintah Cina melalui pemerintah, seperti dilansir Sputnik News.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL