peresmian Terusan-NikaraguaBeijing, LiputanIslam.com — Cina telah memulai pembangunan terusan (kanal) yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Pasifik. Pembangunan dimulai di Brito, Nikaragua, hari Senin (22/12).

Sebagaimana dilansir BBC News, Selasa (23/12), dalam acara peresmian proyek itu presiden perusahaan HKND Group, Wang Jing, mengatakan bahwa kanal ini akan masuk dalam sejarah. Wang Jing hadir di acara itu bersama Wakil Presiden Nikaragua Omar Halleslevens.

Terusan dengan panjang lebih dari 200 kilometer ini akan lebih dalam dan lebih lebar dibandingkan Terusan Panama. Kanal ini diperkirakan siap dioperasikan dalam lima tahun ke depan dan pembangunannya memakan biaya sekitar 50 miliar dollar AS atau sekitar Rp 600 triliun.

Pemerintah Nikaragua mengatakan, proyek ini akan mengangkat mereka dari kemiskinan. Namun, mereka yang tidak setuju dengan pembangunan terusan ini mengatakan, jalur pelayaran ini merusak lingkungan, sementara kemanfaatan ekonominya diragukan.

Ribuan warga yang tanahnya terkena proyek juga melancarkan protes dalam beberapa bulan terakhir dengan mengklaim bahwa mereka mendapatkan uang ganti rugi yang tidak sesuai dengan harga pasar.

Pembangunan terusan raksasa itu bisa ditafsirkan sebagai upaya Cina untuk menanamkan pengaruhnya di Amerika Latin. Bulan lalu Cina juga berhasil memenangkan kontrak pembangunan jalur kereta cepat di Mexico, namun secara mendadak pemerintah Mexico membatalkannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL