reklamasi cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina diketahui tengah membangun landasan pesawat di pulau karang yang menjadi sengketa dengan negara tetangganya di Laut Cina Selatan.

Mengutip laporan majalah IHS Jane’s Defence Weekly, BBC News melaporkan, Jumat (17/4), Cina diketahui tengah membangun lanadasan pacu pesawat sepanjang 3.000 meter di pulau karang Fiery Cross Reef yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Spratly. Hal itu memicu keprihatinan negara-negara tetangga Cina yang tengah terlibat perselisihan mengenai tapal batas laut dengan Cina.

Cina mengklaim semua pulau di Laut Cina Selatan sebagai miliknya, mengakibatkan perselisihan dengan sejumlah negara Asia Tenggara yang juga mengklaim beberapa pulau sebagai bagian wilayahnya, termasuk Vietnam dan Filipina.

Gambar-gambar yang dilansir BBC News menunjukkan adanya pekerjaan reklamasi dan konstruksi di beberapa pulau di Kepulauan Spratly. Cina mengklaim pekerjaan itu sebagai hal yang legal demi menjaga keamanan wilayahnya.

Presiden AS Barack Obama baru-baru ini mengatakana bahwa Cina tengah menggunakan ‘ukuran badan dan otot’ untuk menggertak negara-negara tetangganya yang lebih kecil. Pernyataan itu disampaikan terkait dengan laporan pembangunan pangkalan militer di pulau-pulau sengketa di Laut Cina Selatan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL