kapal selam cina2Beijing, LiputanIslam.com — Cina dikabarkan baru saja membangun 3 kapal selam bertenaga nuklir baru yang canggih. Kantor berita Russia Today (RT) melaporkan, Selasa (7/4).

Mengutip laporan media-media lokal, RT menyebutkan bahwa kapal-kapal selam tersebut mampu meluncurkan rudal-rudal anti-kapal yang diluncurkan vertikal.

Dari gambar-gambar satelit yang dirilis Central Television menunjukkan ketiga kapal selam tersebut tengah bersandar di sebuah pelabuhan yang tidak diketahui. Ketiganya diperkirakan adalah kapal selam baru tipe Type-093G yang baru selesai dibuat dan menunggu penyerahan kepada AL Cina.

Type-093G merupakan pengembangan dari Type-093, kapal selam bertenaga nuklir generasi kedua Cina. Kapal selam baru ini dilengkapi dengan sistem peluncuran rudal secara vertikal.

Sistem tersebut didisain untuk meluncurkan rudal YJ-18, rudal jelajah anti-kapal supersonik. Rudal tersebut dilengkapi dengan 300 kg hululedak dengan daya jangkau hingga 200 kilometer serta berkecepatan hingga 3 kali kecepatan suara.

Sedangkan kapal selam Type-093G memiliki kecepatan dan mobilitas yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Selain itu kapal selam ini juga memiliki tingkat kebisingan mesin yang lebih rendah sehingga lebih sulit dideteksi musuh.

AL Cina diperkirakan memiliki 6 kapal selam Type-093 dan tiga Type-091s yang lebih tua. Cina juga diyakini telah memiliki 4 kapal selam Type-094 yang mampu meluncurkan rudal-rudal nuklir ballistik jarak jauh JL-1 dan JL-2. Selain itu Cina juga tengah mengembangkan kapal selam baru Type-095.

Pada bulan Februari lalu Wakil Kastaf AL-AS Joseph Mulloy mengatakan Cina telah melampaui AS dalam kepemilikan kapal-kapal selam, meski sebagian besar kapal-kapal selam Cina dianggap kurang canggih dibandingkan milik AS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL