pulau karang spratleyBeijing, LiputanIslam.com — Cina mengancam balik AS perihal klaim teritorial Cina atas Kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan setelah sebelumnya AS mengumumkan akan mengirim kapal-kapal dan pesawat ke kawasan yang diklaim Cina.

Seperti dilaporkan BBC News, Rabu petang (14/10), Jubir Kemenlu Cina Hua Chunying menuduh AS melakukan langkah-langkah yang hanya berdasar kekuatan otot dalam masalah Laut Cina Selatan.

“Sebuah negara terus-menerus memamerkan ototnya di Laut Cina Selatan,” kata Hua dalam konperensi pers hari Rabu.

Hua merujuk pada pernyataan para pejabat AS minggu lalu yang akan mengirimkan kapal-kapal perang dan pesawat di wilayah sekitar Kepulauan Spratly yang diklaim Cina sebagai wilayahnya, namun ditolak oleh beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei.

“Kami tidak akan membiarkan setiap negara untuk melanggar kedaulatan laut dan udara Cina di Kepulauan Spratly, dengan alasan melindungi kebebasan navigasi dan penerbangan,” kata Hua.

Sebelumnya, pada hari Selasa (13/10) Menhan AS Ashley Carter menyatakan keprihatinan atas pembangunan pulau-pulau karang oleh Cina. AS menuduh Cina membangun pangkalan militer di pulau-pulau tersebut untuk memperkuat klaim Cina terhadap wilayah yang menjadi sengketa di Laut Cina Selatan. Sementara Cina mengklaim langkah tersebut untuk melindungi kedaulatannya.

Ketegangan baru antara kedua negara terkait konflik Laut Cina Selatan, muncul minggu lalu setelah sejumlah pejabat AS mengatakan akan mengirim kapal-kapal perang dan pesawat pengintai ke dalam wilayah yang diklaim Cina di Kepulauan Spratlys. Kemudian, hari Selasa lalu Menhan Ash Carter memperkuat pernyataan tersebut.

“Jangan salah, Amerika akan terbang, berlayar dan beroperasi di perairan internasional di seluruh dunia, dan Laut Cina Selatan bukanlah pengecualian,” kata Carter.

Meski tidak berpenghuni dan hanya berujud pulau-pulau karang, Kepulauan Spratly dan juga Kepulauan Paracel yang berada di perairan Laut Cina Selatan diduga memiliki kandungan mineral yang cukup besar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL