harimauBeijing, LiputanIslam.com — Cina untuk pertama kalinya akhirnya mengakui mengijinkan perdagangan kulit harimau yang tertangkap. Demikian pengakuan peserta konperensi internasional perlindungan binatang langka sebagaimana dilaporkan BBC, Jumat (11/7)

“Kami tidak melarang perdagangan kulit harimau. Kami hanya melarang perdagangan tulang harimau,” kata seorang peserta Convention of International Trade in Endangered Species (Cites) di Geneva, asal Cina.

Para ahli meyakini terdapat sekitar 5.000 hingga 6.000 harimau yang berada di kandang-kandang di seluruh Cina. Diperkirakan sekitar 1.600 ekor harimau telah diperdagangkan secara global sejak tahun 2000.

Suara-suara kritis dari para aktifis perlindungan hewan langka menyebutkan bahwa peraturan coba-coba Cina untuk mengijinkan perdagangan kulit harimau tidak mengurangi ancaman terhadap keberadaan harimau.

Sejauh ini pejabat-pejabat Cina menolak memberikan keterangan lebih detil tentang pernyataan peserta konperensi tersebut di atas.

Para peserta konvensi mengatakan sebuah laporan lengkap yang disertai gambar-gambar dan tabel-tebel yang mendetil menggambarkan perdagangan kulit harimau di Cina, telah dipaparkan dalam konperensi tersebut.

Para pakar percaya bahwa “peternakan harimau” di Cina telah mendorong perburuan harimau di berbagai penjuru dunia.

Laporan-laporan juga menyebutkan bahwa fasilitas-fasilitas dimana harimau-harimau dikandangkan telah “membocorkan bagian-bagian harimau dan binatang-binatang hidup” untuk diperdagangkan di pasar internasional.

“Laporan yang disampaikan di dalam konpernsi menciptakan situasi yang menuntut Cina untuk melakukan tindakan,” kata seorang peserta konperensi.

“Ini adalah untuk pertama kalinya mereka mengakui secara resmi bahwa perdagangan itu ada di Cina,” tambah aktifis linkungan hidup yang tidak bersedia disebut namanya itu.

Sementara Cina dianggap sebagai pasar utama bagian-bagian tubuh harimau, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Malaysia dan Indonesia juga dianggap sebagai “pasar yang tumbuh”.

Kulit dari harimau, macana tutul dan macan tutul salju merupakan barang favorit kalangan elit di Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL