iPhone-Smartphone-ChinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina telah mengumumkan akan meluncurkan sistem operasi komputer lokal Oktober mandatang. Diharapkan sistem operasi (OS) ini akan menggantikan OS buatan raksasa AS, Microsoft dan Google.

“Setelah memprihatinkan mata-mata AS dan penyidikan tindak monopoli Microsoft, ada beberapa berita baik bagi OS buatan domestik Cina: versi desktop mungkin akan siap diluncurkan bulan Oktober mendatang,” tulis kantor berita Xinhua seperti dikutip RIA Novosti, Senin (25/8).

Pada saat hubungan AS dan Cina memanas terkait dengan isu mata-mata antara keduanya, Cina berusaha melepaskan ketergantungan pada produk-produk OS impor seperti Windows buatan Microsoft dan Android buatan Google. OS pertama buatan lokal akan diperuntukkan bagi komputer pribadi (desktop), menyusul kemudian OS untuk smartphone, tablet dan perangkat mobile lainnya.

“Cina memiliki lebih dari 12 pengembang OS tanpa memiliki hak cipta karena mengembangkannya dari Android,” kata Ni Guangnan dari Chinese Academy of Engineering seperti dikutip oleh Xinhua.

Ni percaya OS buatan domestik akan mampu bersaing dengan OS-OS buatan AS dalam waktu 1 atau 2 tahun. Namun untuk mengalahkan OS-OS AS diperlukan waktu 3 sampai 5 tahun.

Tahun lalu pemerintah Cina mengeluarkan larangan penggunaan OS Microsoft’s Windows 8 karena masalah keamanan dan memutuskan melakukan penyelidikan terhadap Microsoft atas dugaan pelanggaran UU anti-monopoli.

Google Inc. juga menjadi obyek perhatian pemerintah Cina karena dianggap terlalu banyak menguasai industri smartphone Cina dengan OS Androidnya.

Sementara pengakuan Edward Snowden tentang kegiatan mata-mata AS terhadap Cina semakin menambah kecurigaan Cina terhadap produk-produk IT AS.

Menurut Ni, pelarangan terhadap Windows 8 telah mendorong pertumbuhan pesat sektor industri IT Cina dan “membuka pintu bagi pengembang OS lokal.”

“Menciptakana situasi yang nyaman yang memungkinkan kami untuk bersaing dengan Google, Apple dan Microsoft, adalah kunci untuk sukses,” tambah Ni.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL