pembangkit nuklir cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina tengah merencanakan untuk membangun pembangkit tenaga nuklir terapung yang bisa dipindah-pindahkan dan berlabuh di lepas pantai. Demikian pernyataan pejabat energi Cina seperti dilaporkan Press TV, Jumat (29/1).

Kepala Otoritas Energi Nuklir Cina, Xu Dazhe, mengatakan kepada wartawan, Rabu (27/1), bahwa pembangunan “marine floating power station” itu akan melalui tahap-tahap yang ketat sebelum benar-benar beroperasi.

“Cina tengah mencurahkan pikiran untuk membangun sendiri pembangkit energi lepas pantai sehingga kami akan bisa menggunakan sumber daya laut secara penuh,” kata Xu.

Meski penggunaan tenaga nuklir di laut masih belum biasa, kapal-kapal induk dan kapal selam modern umumnya digerakkan dengan tenaga nuklir.

Sebelumnya pada bulan ini, perusahaan pembangkit tenaga nuklir Cina, Cina General Nuclear Power Corporation (CGN) dan Cina National Nuclear Corporation (CNNC) mengumumkan akan membangun dua pembangkit tengara nuklir terapung yang dijadwalkan bisa beroperasi pada tahun 2019 dan 2020. Mereka akan menyediakan energi bagi industri minyak lepas pantai Cina.

Xu mengatakan saat ini Cina memiliki 30 reaktor nuklir dengan kapasitas produksi mencapai 28,3 gigawatts. Selain itu sebanyak 24 reaktor berkapasitas 26,7 gigawatts juga tengah dibangun.

Paska bencana nuklir di Jepang akibat tsunami tahun 2011 Cina menghentikan ijin pembangunan reaktor-reaktor nuklir baru. Namun mulai tahun depan ijin-ijin baru akan dikeluarkan kembali. Demikian laporan itu menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL