kere capet cinaBeijing, LiputanIslam.com — Ini mungkin terkesan sangat ambisius. Namun para pejabat Cina sangat optimis bisa diwujudkan. Yaitu membangun jalur kereta api supercepat yang menghubungkan Cina dengan kota-kota besar Amerika.

Sebagaimana laporan media resmi Cina, China Daily, yang dikutip beberapa media internasional, disebutkan bahwa pemerintah Cina tengah mempertimbangkan untuk membangun jalur kereta api supercepat (high-speed train) yang akan menghubungkan Cina dengan AS. Jalur ini akan melintasi Siberia, Rusia, menyeberangi Selat Bering ke Alaska, menembus Kanada dan berakhir di Amerika

Salah satu bagian paling sulit dalam proyek ini adalah membangun terowongan bawah laut sejauh 200 km atau 4 kali terowongan bawah laut yang menghubungan Inggris dengan Perancis.

China Daily mengklaim bahwa Cina telah memiliki teknologi untuk membangun terowongan semacam itu dan telah siap untuk digunakan membangun terowongan bawah laut yang akan menghubungkan Provinsi Fujian dengan Thaiwan.

“Kami tengah melakukan diskusi (dengan negara-negara terkait). Rusia telah memikirkan hal yang sama selama bertahun-tahun,” kata seorang ahli perkereta-apian Cina terkait rencana itu kepada Beijing Times.

Kereta api yang menghubungkan Cina dengan Amerika adalah kereta api supercepat buatan Cina yang akan berjalan dengan kecepatan sekitar 350 km/jam. Ini berarti perjalanan antara Cina dengan Amerika akan membutuhkan waktu 2 hari.

Menanggapi laporan tersebut, media Inggris Guardian dengan mengutip Beijing Times menuliskan: “Apa yang disebut sebagai jalur KA cepat Cina-Rusia-Kanada-America adalah satu dari 4 proyek kereta api raksasa yang ingin dibuat oleh Cina.”

Proyek pertama adalah jalur kereta api supercepat yang menghubungkan Cina dengan Inggris melewati Paris, Berlin, Warsawa, Kiev dan Moscow. Proyek kedua adalah antara Cina dan Jerman dengan melalui Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran dan Turki. Adapun yang terakhir adalah antara Cina dengan Singapura melalui negara-negara Indochina.

Relatif terlambat dibanding pendahulunya dalam industri kereta api cepat seperti Jepang, Perancis, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya, Cina kini menjadi pemimpin dalam industri kereta api cepat. Tidak hanya mengoperasikan kereta api tercepat di dunia dengan kecepatan operasional mencapai 350 km/jam, Cina juga memiliki jaringan kereta api cepat terpanjang di dunia.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL