rail track projectBangkok, LiputanIslam.com — Cina akan membantun jalur ganda kereta api (KA) sepanjang 867 km di Thailand. Demikian kantor berita Reuters melaporkan, Jumat (19/12).

Kesepakatan pembangunan itu tertuang dalam MoU yang ditandatangani dalam pertemuan regional 2 hari yang dimulai Jumat (19/12). Hal ini menandangan pengaruh Cina yang semakin kuat di negara yang secara tradisi memiliki hubungan erat dengan AS dan Inggris ini.

Bagi Thailand sendiri proyek ini diharapkan akan mendorong pertumbuhan sektor perdagangan dan pariwisata.

“Cina akan bertanggungjawab atas konstruksi dan pembangunan jalur kereta apinya dan Thailand akan berpartisipasi dengan mempersiapkan lahannya,” kata Menteri Transportasi Thailand Marshal Prajin Junthong kepada wartawan.

Bagian pertama yang akan dibangun sepanjang 734 kilometer berupa jalur ganda ukuran standard (lebar 1,4 meter) menghubungkan kota Nong Khai di perbatasan Laos menuju kawasan pantai timur Thailand. Sebelumnya Cina juga telah sepakat dengan pemerintah Laos  untuk membangun jalur kereta api yang menghubungkan kota Kumning di Cina selatan melintasi Laos dan menuju ke Thailand.

Bagian kedua proyek tersebut akan menghubungkan Provinsi Saraburi di Thailand tengah, menuju Bangkok, sejauh 133 km. Pembangunan akan dimulai tahun 2016, demikian Prajin mengatakan.

Dalam pertemuan regional “Greater Mekong Subregion Summit” itu Presiden Cina Li Keqiang turut hadir bersama para kepala pemerintahan negara-negara Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar dan  Thailand.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL