cina argentinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina dan Argentina mencapai kesepakatan bagi pembangunan 2 pembangkit tenaga nuklir di Argentina oleh Cina. Perjanjian tersebut ditandatangani hari Rabu (4/2) oleh Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner.

Seperti dilansir Press TV, kedua negara juga menandatangani 14 kesepakatan kerjasama lainnya yang meliputi bidang energi, keuangan, teknologi luar angkasa, media massa dan teknologi informasi.

Presiden Xi juga menyatakan minat Cina untuk membantu Argensina dalam membangun infrastrukturnya, termasuk pembangunan sistem kereta api cepat dan bendungan-bendungan.

“Kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang, khususnya di bidang pembangunan infrastruktur dasar….. dan dalam mendorong pembangunan yang stabil dalam perdagangan bilateral,” kata Presiden Xi.

Sedangkan Kirchner memuji keputusan Cina untuk mentransfer teknologi nuklirnya ke Argentina sebagai “jembatan menuju hubungan strategis yang mendalam.”

Cina telah menanamkan sejumlah besar investasi di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dalam beberapa tahun terakhir. Beijing juga pernah mengumumkan rencana penanaman investasi senilai $250 miliar di negara-negara Amerika Latin dalam 5 tahun ke depan.

Akhir tahun lalu International Monetary Fund mengumumkan bahwa Cina telah mengambil alih posisi AS sebagai kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan memperkirakan ekonomi Cina akan mencapai 20% lebih besar dari AS pada tahun 2019 mendatang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL