puing MH370Beijing, LiputanIslam.com–Sebuah badan pemerintah China telah menerbitkan gambar satelit yang menunjukkan “tiga benda mengambang” di Laut Cina Selatan yang diperkirakan sebagai puing-puing pesawat MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3) lalu.

Gambar yang dirilis oleh Chinese State Administration for Science, Technology and Industry for National Defence (SASTIND) itu bertanggal 11:00 siang,  hari Minggu, 9 Maret. Gambar ini baru dipublikasikan pada Rabu malam waktu setempat di Beijing , sekitar 10 jam yang lalu. Namun media internasional baru merilis beritanya beberapa jam terakhir.

Kantor berita resmi China, Xinhua, mengatakan ukuran benda yang diperkirakan sebagai puing MH370 itu adalah 13 meter x 18 meter,  14m x 19m, dan 24m x 22m . Panjang pesawat Boeing 777  kurang dari 64m.

Menurut The Guardian, publikasi gambar itu telah meningkatkan ketegangan yang selama ini telah terjadi antara pemerintah China dan Malaysia. Dua pertiga dari penumpang MH370 berasal dari China, dan pihak berwenang di Beijing telah menyatakan terus-terang bahwa mereka memprihatinkan cara Malaysia dalam melakukan pencarian pesawat yang hilang itu.

Sementara itu, pejabat Malaysia yang berwenang, Jenderal Abdul Rahman mengatakan kepada CNN pada Kamis pagi waktu Malaysia, bahwa pihaknya belum melihat  gambar tersebut.(dw/guardian)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*