chile-earthquakeSantiago, LiputanIslam.com — Gempa besar pagi ini (3/4) kembali mengguncang Chili. Kali ini, gempa yang mengguncang kawasan tersebut berkekuatan 7,8 SR. Demikian dilansir oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada Kamis (3/4) pukul 02.43 GMT.

Pusat gempa ini berada di 23 kilometer sebelah selatan Iquique, Chili atau di 184 kilometer di utara Tocopilla. Tepatnya di lepas pantai Tarapaca, Chili di kedalaman 20 km.

Belum ada laporan lebih lanjut mengenai peringatan tsunami, laporan korban, dan juga kerusakan akibat gempa ini.

Sebelumnya, Chili juga telah diguncang gempa sebesar 8,2 SR pada Rabu (2/4) 62 kilometer sebelah barat laut dari kawasan pertambangan Iquique, Chili. Gempa ini berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Berpotensi Tsunami
Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan kemungkinan gempa ini menyebabkan tsunami lokal yang dahsyat dekat episentrum. Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Chili mengimbau penduduk untuk menjauhi daerah pantai. Belum ada kerusakan yang dilaporkan.

Gempa 7,4 SR ini merupakan gempa ketiga setelah gempa pertama terjadi pada Rabu (2/4) kemarin sebesar 8,2 SR pukul 06.46 WIB dan hari ini 6,4 SR pada pukul 08.58 WIB. Gempa 8,2 SR memicu tsunami yang sedang bergerak menuju Indonesia siang ini.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL