kepaka ularFoshan, LiputanIslam.com — Seorang tukang masak (chef) meninggal dunia setelah digigit kepala ular kobra yang sedang dimasaknya, 20 menit setelah kepala ular itu terpisah dari badannya.

Media Inggris Daily Mail melaporkan baru-baru ini, chef Peng Fan dari Foshan, Provinsi Guangdong di selatan Cina, tengah mempersiapkan makanan sop ular kobra di sebuah restoran ketika kepala ular kobra yang telah dipotongnya menggigitnya ketika dipegangnya.

Pengunjung restoran, Lin Sun (44 tahun) yang datang bersama istrinya untuk merayakan ulang tahun istrinya mengatakan mendengar keributan saat menunggu datangnya makanan yang dipesan.

“Kami tidak tahu apa yang terjadi, namun kami mendengar suara teriakan dari arah dapur. Ada seruan untuk memanggil dokter, namun ketika pertolongan medis datang, orang itu sudah meninggal. Kami pun membatalkan acara makan kami,” katanya.

Polisi mengatakan Peng tewas sebelum sempat mendapat pertolongan dokter di rumah sakit.

“Ini kasus yang sangat jarang, namun tampaknya hanya sebuah kebetulan belaka. Tidak ada yang bisa dilakukan untuk menyelamatkannya kecuali dengan obat anti-racun yang sayangnya tidak bisa diberikan tepat waktu,” kata seorang pejabat polisi setempat.

Ahli ular asal Cina Yang Hong-chang yang telah menghabiskan 40 tahun mempelajari ular kobra, mengatakan bahwa kebanyakan reptil masih bertahan hidup hingga satu jam setelah kehilangan anggota badannya.

“Kemungkinan kepala ular itu masih hidup dan menggigit tangan Peng,” katanya.

“Saat seekor ular kehilangan badannya, secara efektif ular itu telah mati, namun masih memiliki beberapa fungsi refleksif. Berarti kepala ular itu masih memiliki kemampuan untuk menggigit dan menginjeksikan racunnya, bahkan meski telah kehilangan seluruh badannya,” tambah Hong-Chang.

Daging ular kobra merupakan makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat keturunan Cina. Mereka mempercayai daging ular kobra memberikan khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Dan karena jarangnya ular kobra, harga makanan ini termasuk mahal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL