LiputanIslam.com – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis cara untuk melaporkan kesalahan entry data yang ada di Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU. Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat ikut serta mengawal penghitungan suara dan lebih transparan.

Situng KPU beralamatkan di pemilu2019.kpu.go.id. Situng berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat atas proses penghitungan suara dan bentuk transparansi KPU kepada publik. Meskipun yang tertera di Situng bukanlah hasil resmi yang ditetapkan KPU, namun Situng merupakan rujukan bagi publik untuk bisa memantau dan mengetahui proses rekapitulasi yang berjenjang dan membutuhkan waktu lama tersebut.

“Informasi yang disediakan KPU melalui situng adalah informasi untuk mempercepat penyampaian hasil pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara kepada masyarakat, dengan begini pertama penyampaian informasi yang cepat,” ucap Arief Budiman, Ketua KPU, di Kantor KPU Menteng Jakarta Pusat, Jumat (26/4).

Jika masyarakat menemukan kesalahan entry data scan C1 ke Situng KPU, segeralah untuk melapor dengan cara-cara berikut ini:

1. Buka situs pemilu2019.kpu.go.id.

2. Klik ‘Pilpres’ di kolom bagian atas. Maka akan tampil data penghitungan suara secara nasional, termasuk data penghitungan per provinsi.

3. Untuk mengecek data di tingkat TPS, klik salah satu provinsi, pilih salah satu kabupaten, kemudian pilih salah satu kecamatan, lalu klik salah satu kelurahan hingga muncul data TPS. Maka akan tampil data entry Situng dan gambar scan formulir C1.

4. Jika menemukan kesalahan berupa perbedaan angka antara entry data Situng dengan formulir C1, maka segera laporkan ke:
– Call Center KPU di (021) 31902567 atau (021) 31902577
– No Whatsapp di 081211772443
– Alamat surel ke bagianteknis@kpu.go.id

Berikut cara dan nomor yang bisa dihubungi untuk melaporkan kesalahan entry data di Situng KPU RI. (Ayu/Tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*