election-2016New York, LiputanIslam.com — Calon presiden (capres) AS, senator Partai Republik dari negara bagian Florida, Marco Rubio, tidak perlu khawatir dengan pendanaan kampanye mendatang karena tim suksesnya telah berhasil menggalang dana sebesar $40 juta atau sekitar Rp 520 miliar.

“Marco Rubio akan memiliki sumber pendanaan yang dibutuhkan untuk melakukan ‘kampanye kelas satu’, itu sudah ditetapkan,” kata raja dealer mobil di Florida, Norman Braman, yang menjadi pendukung kuat Rubio, seperti dilansir Reuters, Sabtu (18/4).

“Marco tidak memiliki masalah dengan uang,” kata George Seay, pendiri Annandale Capital yang mengkoordinir donasi kampanye dari kalangan elit kota Dallas, Texas.

Setidaknya tujuh pendonor utama Rubio lainnya mengatakan bahwa kandidat mereka telah mendapatkan komitmen dukungan dana melebihi $40 juta yang dibutuhkan untuk menjalani kampanye pilpres mendatang.

Pernyataan tim sukes Rubio ini muncul setelah tim sukses senator Partai Republik Ted Cruz, yang pada bulan Maret lalu mengumumkan pencalonan dirinya sebagai capres mendatang, menyatakan telah berhasil menggalang dana sebesar $31 juta.

Jumlah terbanyak di antara kandidat Partai Republik masih dipegang oleh Jeb Bush, Gubernur Florida yang merupakan saudara kandung mantan presiden George W Bush Jr dan sekaligus putra mantan presiden George W Bush Sr. Timses capres satu ini disebut-sebut telah berhasil menggalang dana hingga $100 juta atau lebih dari Rp 1,3 triliun.

Namun itu semua belum seberapa dibandingkan apa yang bisa digalang oleh kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton. Mantan Menlu dan ibu negara AS itu dikabarkan telah mendapatkan komitmen dukungan dana dari berbagai sumber senilai $2,5 miliar atau lebih dari Rp 32 triliun.

Hal ini mulai memicu keprihatinan publik bahwa kekuasaan sesungguhnya di AS hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Demikian Reuters menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL