cameronLondon, LiputanIslam.com — Perdana Menteri inkumben David Cameron tengah membentuk kabinet eksklusif Partai Konservatif setelah partai ini menjadi pemenang mayoritas dalam pemilihan umum yang digelar hari Kamis (7/5).

BBC News melaporkan, Sabtu (9/5), bahwa Cameron telah menunjuk George Osborne sebagai Menteri Luar Negeri. Ia juga menunjuk Theresa May, Philip Hammond dan Michael Fallon tetap pada posnya sebagai Mendagri, Menlu dan Menhan. Posisi-posisi kabinet lain akan diumumkan pada hari Senin mendatang (11/5).

Sementara itu Partai Buruh dan Partai Liberal Demokrat kini tengah mencari pemimpin-pemimpin baru setelah kekalahan mereka dalam pemilu hari Kamis. Ketua Partai Buruh Ed Miliband dan Ketua Partai Liberal Demokrat Nick Clegg mengumumkan pengunduran diri mereka pada hari Jumat (8/5), sebagaimana juga Ketua Partai UKIP Nigel Farage.

Calon-calon pengganti Miliband disebut-sebut adalah Chuka Umunna, Andy Burnham dan Yvette Cooper. Sementara Tim Farron dan Norman Lamb disebut-sebut bakal menggantikan Nick Clegg.

Partai Konservatif telah mengumumkan manifesto pemerintahan yang diusungnya, yaitu memfokuskan pada pengurangan pajak, peningkatan pendidikan dan kesehatan anak, meningkatkan kepemilikan rumah dan mendukung kesatuan Inggris dengan Uni Eropa.

Sementara itu Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, mengatakan bahwa ia akan bekerjasama dengan pemerintahan baru Inggris ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL