Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan, Indonesia tidak perlu impor beras pada tahun ini karena stok beras masih melimpah.

“Tahun 2019 ini insyaallah nggak impor. Next kalau cuaca bagus, enggak impor,” kata Buwas di Jakarta, Jumat (19/7).

Buwas menyebutkan, stok beras Bulog saat ini mencapai 2,5 juta ton. Dari 2,5 juta ton tersebut, 700 ton akan dipakai untuk program Bantuan Pangan NonTunai (BPNT). Jadi, sisanya masih ada sekitar 1,8 juta ton.

Baca: Pemerintah Pastikan Stok Beras Aman

Dia menuturkan, Jumlah tersebut masih lebih untuk mencukupi kebutuhan beras nasional meskipun terjadi kekeringan akibat musim kemarau. Selain itu, stok beras tersebut juga cukup untuk stabilisasi harga.

“Sekarang katakanlah 2,5 juta ton, berarti masih ada 1,8 juta ton. Oh jauh, masih sangat kuat, aman. Katakanlah tiga bulan, Januari-Maret enggak ada panen karena musim kering, kita paling keluarkan untuk operasi 500 ribu ton. Selama tiga bulan. itu sudah sehebat-hebatnya. berarti kita kan masih ada 1,5 juta ton,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, jika Indonesia tidak melakukan impor beras, maka penyerapan beras petani oleh Bulog akan lebih maksimal.

“Kan saya sudah bilang, kita tidak perlu impor. Saya buktikan kan, begitu saya nolak impor, saya serap maksimal dalam negeri,” ungkapnya. (sh/cnbcindonesia/detik)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*