bus cinaBeijing, LiputanIslam.com — Sebuah minibus yang dipenuhi anak-anak TK mengalami kecelakaan di Provinsi Hunan, menewaskan 11 orang di dalamnya yang sebagain besar adalah anak-anak.

Sebagaimana dilaporkan BBC dengan mengutip kantor berita Xinhua, Kamis (10/7), bus mini itu mengangkut 8 anak-anak, 2 guru dan pengemudinya. Padahal kendaraan seharusnya hanya diisii oleh maksimal 7 penumpang.

Kecelakaan terjadi sore hari di dekat ibukota Provinsi Hunan, Changsha, di kawasan pegunungan. Media-media lokal menyebutkan minibus itu mengalami kecelakaan di bagian jalan yang sempit yang tidak dilengkapi pembatas.

Keluarga korban menuturkan kepada Xinhua bahwa di daerah itu bus-bus sekolah biasa mengangkut penumpang lebih banyak dari ketentuan.

Transporatasi sekolah menjadi masalah yang sensitif di Cina, dimana sering terjadi kecelakaan fatal. Di banyak wilayah, anak-anak harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan pelajaran.

Pada tahun 2011, 18 anak sekolah dan 2 orang dewasa tewas ketika sebuah bus sekolah yang dipenuhi anak sekolah bertabrakan dengan truk pengangkut batubara di tengah kondisi jalan berkabut. Bus itu hanya memiliki 9 kursi, namun dijejali dengan 64 penumpang.

Setahun kemudian sebuah minibus sekolah terjatuh ke tengah kolam di Jiangxi, menewaskan 11 anak sekolah.

Baru-baru ini pemerintah menetapkan aturan baru tentang keamanan bus-bus sekolah disertai ancaman hukuman berat bagi para pelanggarnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL