pengungsi libyaTripoli, LiputanIslam.com — Konflik di Libya membuat lebih dari setengah juta orang mengungsi sejak Mei tahun lalu, organisasi Bulan Sabit Merah menyebutkan dalam laporannya, Kamis (23/4).

“Peningkatan kekerasan bersenjata di Libya mengusir lebih dari setengah juta orang dari rumah mereka sejak 14 Mei 2014 hingga awal April,” tulis laporan tersebut seperti dilansir Antara.

Jumlah terbesar dari mereka, yaitu lebih dari 126.000, mengungsi ke ibu kota. Sementara di kota terbesar kedua Benghazi tercatat 110.000 orang pengungsi.

Sementara angka-angka itu merupakan data pertama kalinya yang diterbitkan sumber tepercaya, para aktifis sosial menyatakan, mereka mengecualikan yang pindah ke rumah kerabat daripada ke kampung, sekolah dan tempat perlindungan lain yang terdaftar.

Pada saat sama, laporan itu mencakup mereka yang meninggalkan negara itu, yang oleh Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) diperkirakan sekitar 100.000 orang.

Libya dilanda kekacauan sejak pemberontakan menggulingkan dan membunuh pemimpin Muammar Gaddafi pada 2011 sementara dua pemerintah dan parlemen yang bertentangan serta kelompok bersenjata saling bersaing untuk mengendalikan wilayah dan kekayaan minyaknya.

Keadaan kian rumit sejak Tripoli pada Agustus tahu lalu dikuasai milisi garis keras Fajar Libya dan pemerintahan  yang diakui antarbangsa, lari ke ujung timur negara tersebut.

Sementara itu pemerintahan dukungan militan Fajar Libya yang dipimpin Perdana Menteri Omar Hassi telah dibubarkan, kata sumber parlemen Libya. Kongres Nasional Umum (GNC), yang berpusat di Tripoli, mengeluarkan keputusan itu setelah pemungutan suara dan menugaskan Khalifa Ghwell untuk melaksanakan pekerjaan pemerintah hingga perdana menteri baru diangkat, GNC mengumumkan.

Sebagian media setempat menyatakan alasan pemecatan pemerintah pimpinan Hassi ialah korupsi. Sementara itu, Hassi juga gagal memperoleh pengakuan antarbangsa bagi pemerintah Tripoli.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL