Tourists at canopy towerRio de Jainero, LiputanIslam.com — Brazil telah mulai membangun konstruksi menara raksasa di tengah hutan Amazon. Menara bernama Amazon Tall Tower Observatory (ATTO) itu akan berdiri setinggi 325 meter di jantung hutan Amazon.

Seperti dilaporkan BBC News, Senin (15/9), menara tersebut berfungsi sebagai menara pengamat cuaca, dilengkapi dengan instrumen-instrumen untuk mengumpulkan data-data tentang gas-gas rumah kaca, partikel-partikel aerosol serta cuaca di kawasan hutan paling luas di dunia ini.

Selanjutnya para ilmuan Brazil dan Jerman akan bekerjasama mengolah data-data dari menara tersebut untuk mempelajari sumber-sumber gas rumah kaca dan pengaruhnya dalam perubahan cuaca.

Kontruksi menara itu dibuat dari besi yang dikirim sejauh ribuan kilometer melalui jalan raya maupun sungai. Lokasi menara ini berada 170 km dari kota Manaus yang berada di tengah kawasan hutan Amazon.

Dengan ketinggiannya itu, para ilmuan percaya dapat memantau pergerakan dan perubahan udara melalui hutan Amazon pada jarak hingga ratusan kilometer.

“Pengamatannya tanpa pengaruh langsung manusia, sehingga sangat ideal untuk menyelidiki pengaruh kawasan hutan ini secara kimia dan fisika terhadap atmosfir,” kata Jurgen Kesselmeier, koordinator proyek dari Jerman, sebagaimana ditulis di situs Max Planck Institute for Chemistry.

Hutan Amazon adalah salah satu kawasan ekosistem global yang sensitif, dengan pengaruhnya yang sangat besar terhadap atmosfir bumi melalui pelepasan zat karbon secar besar-besaran.

“Menara ini akan membantu menjawab sejumlah besar pertanyaan terkait dengan perubahan iklim global,” kata Paulo Artaxo dari University of Sao Paulo sekaligus koordinator proyek dari Brazil.

Menara tersebut selanjutnya akan diintegrasikan dengan beberapa menara pengamatan yang sudah ada sebelumnya di kawasan itu.

Selain menara di Brazil ini, menara serupa telah dibangun tahun 2006 di Siberia, Rusia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL