tim cookLos Angeles, LiputanIslam.com — Boss perusahaan komputer Apple, Tim Cook, berjanji akan mendonasikan sebagian besar hartanya yang mencapai ratusan juta dolar untuk yayasan sosial, sebelum meninggal.

Harta kekayaan Tim diperkirakan mencapai $800 juta, demikian seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (28/3).

Kepada Fortune Magazine baru-baru ini Tim mengatakan bahwa ia akan meninggalkan sebagian besar hartanya untuk amal, namun hal itu dilakukan setelah ia membiayai sekolah keponakannya yang berusia 10 tahun.

Tim mengikuti beberapa mega-jutawan internasional lainnya yang telah mendonasikan hartanya untuk kegiatan sosial, termasuk pendiri Facebook yang masih berusia muda Mark Zuckerberg.

Lima tahun lalu investor besar Warren Buffett dan pendiri Microsoft Bill Gates meluncurkan kampanye gerakan donasi di antara para jutawan, ‘The Giving Pledge’. Gerakan ini mendorong para jutawan untuk mendonasikan setidaknya separoh dari hartanya kepada yayasan sosial. Zuckerberg dan lebih dari 100 orang kaya dunia telah menandatangani ‘komitmen moral’ untuk mengikuti gerakan itu.

Pada bulan Februari 2014 gaji pokok Tim Cook mengalami kenaikan 43% menjadi $9,2 juta per-tahun. Fortune Magazine memperkirakan ia memiliki harta sekitar $800 juta berupa saham Apple senilai $120 juta dan harta lain senilai $665 juta.

Sementara itu dengan biaya pendidikan di Universitas swasta AS rata-rata sekitar $30.000, masih sangat banyak harta yang bisa didonasikan Tim setelah membiayai kuliah keponakannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*