sarajevoSarajevo, LiputanIslam.com — Rakyat Bosnia sangat antusias menyambut peringatan terjadinya Perang Dunia I yang ke-100 tahun, Sabtu (28/6). Namun mereka terpecah dalam memandang peristiwa tersebut.

Perang Dunia I dipicu oleh terbunuhnya putra mahkota Kerajaan Austria, Archduke Franz Ferdinand, 28 Juni 1914, oleh tembakan seorang aktifis Serbia Bosnia.

Dilaporkan oleh BBC, Jumat (27/6), acara-acara budaya dan olahraga, termasuk pagelaran konser Vienna Philharmonic akan menyemarakkan acara yang digelar di ibukota Sarajevo.

Hingga sekarang warga keturunan Serbia, Kroasia dan Bosnia (muslim) masih berbeda pandangan tentang sosok Gavrilo Princip, yang telah menembak mati Franz Ferdinand dan menggiring dunia ke dalam perang besar antara tahun 1914-1918.

Warga Serbia di Bosnia tetap menganggap Princip sebagai pahlawan, dan atas peringatan tersebut mereka merencanakan untuk menggelar acara tandingan. Sementara itu para pemimpin etnis Serbia memboikot upacara peringatan yang dianggap mereka sebagai upaya mendeskriminasi warga keturunan Serbia.

Pada hari Jumat (27/6), warga Serbia Bosnia mendirikan patung Gavrilo Princip Sarajevo timur. Princip dianggap sebagai pahlawan yang berjuang membebaskan Semenanjung Balkan dari pendudukan kerajaan Austria-Hongaria.

Di kota Visegrad yang mayoritas dihuni warga keturunan Serbia, para aktor bahkan akan memerankan kembali pembunuhan Archduke Ferdinand dan istrinya, Sophie. Sementara Belgrade Philharmonic memainkan konser musik karya-karya Vivaldi.

Orang-orang Serbia juga merehab rumah kelahiran Gavrilo Princip di Obljaj dan menjadikannya sebagai museum.

Konser Vienna Philharmonic digelar di perpustakaan nasional yang baru direhab setelah hancur akibat perang tahun 1992 ketika pasukan Serbia mengepung Sarajevo.

Presiden Austria Heinz Fischer akan hadir dalam acara itu dan menjadi perhatian utamanya.

Sebelumnya pada hari Kamis (26) sebanyak 28 pemimpin Uni Eropa berkumpul di Ypres, Belgia, untuk memperingati Perang Dunia I.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL