kuburan massal srebrenicaSarajevo, LiputanIslam.com — Rakyat Bosnia memperingati 20 tahun peristiwa Pembantaian Srebrenica dengan berbagai upacara, Sabtu (11/7).

Sekitar 8.000 laki-laki dewasa dan anak-anak warga Muslim Bosnia tewas dibunuh oleh milisi Serbia-Bosnia pada akhir perang saudara di Yugoslavia tahun 1995.

Keluarga korban hadir dalam upacara yang juga dihadiri tokoh-tokoh dunia, termasuk mantan Presiden AS Bill Clinton yang kala itu masih menjabat sebagai presiden. Demikian BBC News melaporkan, Sabtu (11/7).

Selain itu juga terdapat upacara penguburan kembali terhadap 10 korban pembantaian yang telah berhasil diidentifikasi melalui analisis DNA.

Pada hari Jumat (10/7) sekitar 10.000 orang berpartisipasi dalam pawai damai mengikuti rute korban pembantaian itu digiring oleh milisi Bosnis-Serbia sebelum dibantai.

Bill Clinton bersama Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu serta Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic hadir dalam upacara pada hari Sabtu. Demikian juga Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini.

Dalam Perang Bosnia tahun 1990-an, pasukan Muslim Bosnia bertempur melawan pasukan Serbia-Bosnia yang didukung oleh pemerintah Serbia yang lebih kuat persenjataannya.

Pada bulan Juli 1995 ribuan pengungsi Bosnia yang berlindung di Srebrenica di bawah pengawasan pasukan PBB asal Belanda, digiring keluar oleh milisi Serbia-Bosnia dan kemudian ditembak mati. Ini merupakan peristiwa pembantaian terbesar sejak Perang Dunia II di Eropa.

Sementara itu di Serbia, pemerintah melarang peringatan periswita tragis itu, setelah kelompok-kelompok sayap kanan negara itu mengancam akan membubarkan paksa peringatan itu.

Sebelumnya para aktifis akan menggelar peringatan di luar Gedung Parlemen Serbia pada hari Sabtu, namun polisi melarangnya.

Mendagri Serbia Nebojsa Stefanovic mengatakan mengambil keputusan itu demi keamanan dan ketertiban seluruh Serbia. Hal ini mendapat kecaman organiser acara itu, Dusan Masic, yang menyebutnya sebagai sebuah skandal dan menunjukkan sikap politik Serbia saat ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL