ray whelanRio De Janeiro, LiputanIslam.com — Bos perusahaan rekanan FIFA yang melarikan diri setelah diduga terlibat mafia penjualan tiket ilegal Piala Dunia Brazil, akhirnya menyerahkan diri kepada polisi, Senin (14/7).

Ray Whelan, bos perusahaan Match Hospitality yang berbasis di Swiss 4 hari sebelumnya melarikan diri saat akan dibawa ke pengadilan. Pada tanggal 7 Juli ia ditangkap bersama 11 anggota jaringan mafia penjualan tiket ilegal Piala Dunia lainnya, namun ia hanya menjalani penahanan di sebuah hotel mewah di Rio sementara lainnya meringkuk di sel tahanan.

Sebagaimana dilaporkan BBC, Ray menyerahkan diri kepada Jaksa Rosita Maria de Oliveira Netto. Selanjutnya ia ditahan polisi di sebuah pusat penahanan yang tidak disebutkan.

Jubir pengacara Ray Whelan Fernando Fernandes, menyampaikan perkataan Whelan: “Saya akhirnya bisa menyampaikan pembelaan diri saya.” Sebelumnya Whelan telah membantah keterlibatannya dalam tindakan kriminal tersebut.

Polisi Brazil mencurigai keberadaan sebuah mafia internasional penjualan tiket ilegal Piala Dunia yang melibatkan Whelan. Dipercaya kelompok ini menikmati keuntungan hingga $90 juta (sekitar Rp 1 triliun) setiap turnamen Piala Dunia. Kelompok ini telah beroperasi selama 4 turnamen Piala Dunia terakhir.

Kelompok ini mendapatkan tiketnya dari tiket-tiket VIP atau paket-paket hadiah yang disediakan panitia.

Dalam operasi penangkapan tanggal 7 Juli lalu polisi berhasil menyita ratusan tiket ilegal, sejumlah besar uang dan berbagai peralatan komunikasi. Penangkapan itu sendiri dilakukan berdasarkan penyadapan yang dilakukan polisi sebelumnya.

Menyebut diri sebagai “perusahaan jasa pelayanan profesional yang ditunjuk oleh FIFA untuk melayani ticketing, akomodasi dan jasa teknologi informasi acara kepada FIFA”, Match Hospitality berbasis di Zurich, Swiss dan di Cheadle dan Cheshire.

Paket yang disediakan Match Hospitality untuk Piala Dunia Brazil berkisar antara $700 hingga lebih dari $100.000.

Dari sekitar 3 juta tiket yang disediakan panitia selama Piala Dunia Brazil, sebanyak 450.000 tiket di antaranya dijual oleh perusahaan mitra FIFA seperti Match Hospitality.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL