ray whelanRio de Janeiro, LiputanIslam.com — Pimpinan jaringan penjual tiket ilegal Piala Dunia Brazil yang sempat ditahan polisi Brazil, akhirnya melarikan diri. Demikian laporan BBC, Jumat (11/7).

Ray Whelan, pimpinan perusahaan agen penjualan tiket Piala Dunia asal Swiss, Match Hospitality, ditangkap polisi Brazil, Senin (7/7), namun dilepaskan setelah menjalani pemeriksaan. Ia diduga menjadi anggota jaringan penjual tiket ilegal Piala Dunia.

Kepala polisi Fabio Barucke mengatakan status Whelan secara resmi saat ini adalah buronan. Pada hari Kamis (10/7), seorang hakim secara resmi menerima dakwaan atas Ray Whelan yang merupakan warga negara Inggris, dan 11 tersangka lainnya.

Sebuah jaringan perdagangan tiket ilegal internasional disebut-sebut meraup keuntungan senilai $90 juta atau hampir mencapai Rp 1 triliun setiap turnamen piala dunia. Mereka diyakini telah beroperasi dalam 4 turnamen piala dunia terakhir.

Whelan (64 tahun) pertama kali ditahan pada hari Senin (7/7) di Copacabana Palace di Rio de Janeiro dan dilepaskan setelah menjalani pemeriksaan. Sementara 11 tersangka lainnya telah menjalani penahanan sejak minggu lalu.

Dalam pernyataan yang disampaikan usai penangkapan Whelan, kantor pusat Match Hospitality di Swiss menolak tuduhan kejahatan Whelan, dan berjanji akan bekerjasama dengan aparat penyidik Brazil jika diperlukan.

Para penyidik mengatakan kepada BBC bahwa kejahatan Whelan dan jaringannya telah mencapai tingkatan industri.

Kepolisian Rio de Janeiro menyebutkan bahwa mereka telah mendatangi kamar Whelan di Copacabana Palace, Kamis (10/7), namun ia sudah tidak ada dan pegawai hotel menyebutkan ia telah pergi sejam sebelumnya.

Koran Brazil O Globo, mengutip keterangan polisi, melaporkan bahwa Whelan meninggalkan hotelnya dengan ditemani pengacaranya, Fernando Fernandes, yang kini terlibat negosiasi dengan kepolisian mengenai penyerahan diri Whelan.

Setelah penangkapannya hari Senin, Whelan dikabarkan telah menyerahkan passport-nya kepada polisi dan menyerahkan surat kepercayaan FIFA kepadanya yang memberinya akses ke segala fasilitas FIFA selama turnamen Piala Dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL