ray whelanRio de Janeiro, LiputanIslam.com — Polisi Brazil menangkap bos perusahaan agen penjualan tiket Piala Dunia 2014 karena dugaan kecurangan penjualan tiket.

Ray Whelan dari Match Hospitality ditangkap di tempat menginapnya di Copacabana Palace Hotel, hari Senin (7/7). Ia kini ditahan di sebuah hotel di Rio de Janeiro dimana para pejabat FIFA menginap. Demikian laporan BBC.

Minggu lalu polisi Brazil menahan 11 orang anggota kelompok jaringan internasional penjual tiket ilegal. Di antara tiket ilegal tersebut adalah tiket jatah untuk para pemain.

Polisi menyebutkan kelompok itu mendapatkan keuntungan hingga $90 juta per-turnamen piala dunia dan telah bekerja pada 4 turnamen piala dunia terakhir.

Polisi percaya tiket-tiket itu dijual kepada turis-turis asing.

Match Hospitality yang berbasis di Swiss sejauh ini belum memberikan keterangan tentang kasus ini.

Sebagian bagian dari penyelidikan minggu lalu, polisi mengumumkan telah mendapatkan informasi keterlibatan seorang pejabat FIFA, namun tidak menjelaskan identitasnya.

Fabio Barucke, penyidik yang bertanggungjawab atas kasus ini mengatakan bahwa pejabat FIFA itu mendapatkan akses penuh ke seluruh fasilitas yang disediakan, termasuk penghitungan tiket. Pejabat FIFA tersebut, sebut Barucke, bukan warga Brazil dan berada di negara itu hanya karena turnamen.

Dalam pernyataannya tentang kasus situ FIFA mengatakan akan bekerjasama penuh dengan aparat penegak hukum Brazil dan akan menyediakan semua yang diperlukan untuk membantu penyelidikan.

“FIFA ingin menegaskan kembali sebagaimana dalam beberapa kesempatan sebelumnya tentang sikap tegasnya terhadap setiap bentuk pelanggaran hukum kriminal dan regulasi tiket, dan mendukung penuh otoritas keamanan serta bekerjasama untuk menghentikan setiap penjualan tiket ilegal,” demikian keterangan pers FIFA.

Di antara barang bukti yang disita aparat kepolisian Brazil minggu lalu adalah 100 tiket, beberapa komputer, sejumlah uang dolar, ponsel dan dokumen-dokumen.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL