131101162713-pakistani-taliban-chief-hakimullah-mehsud---s028553008-story-topIslamabad, LiputanIslam.com — Komandan pasukan pembom bunuh diri Taliban Pakistan tewas tertembak dalam sebuah serangan terencana di wilayah konflik Waziristan, hanya beberapa hari setelah terjadinya perpecahan antara faksi-faksi Taliban Pakistan.

Sebagaimana dilaporkan CNN, Sabtu (7/6), beberapa orang bersenjata yang mengendarai sebuah mobil menyerang dan menembak mati Ashiqullah Mehsud, komandan senior dari kelompok Tehreek-i-Taliban Pakistan (TTP), di desa Urmuz di Waziristan Utara, hari Kamis (5/6).

Belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan itu. Namun diduga kuat serangan ini terkait dengan perpecahan dalam kelompok Taliban Pakistan (TTP). TTP sendiri juga belum mengeluarkan pernyataan terkait pembunuhan itu.

Mehsud dianggap sebagai pengganti dari Qari Hussain Mehsud, ahli pembuat bom yang terkenal dengan aksinya merekrut anak-anak sebagai pelaku pembom bunuh diri.

Kelompok Taliban Pakistan telah dilanda pertikaian internal selama beberapa bulan terakhir yang berujung pada penarikan diri faksi Mehsud dari kelompok Taliban Pakistan setelah menuduh kelompok itu telah melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan Islam seperti penculikan dan pembunuhan terhadap warga sipil.

Dalam pernyataan yang dirilis bulan lalu, jubir faksi Mehsud, Azam Tariq, mengatakan bahwa Taliban Pakistan telah jatuh ke tangan sekelompok konspirator yang melakukan aktifitas kriminal seperti perampokan dan pemerasan.

Ini adalah perpecahan pertama kelompok Taliban Pakistan sejak dibentuk tahun 2007 untuk memperjuangkan “Syariat Islam” di Pakistan.

Perpecahan terjadi setelah kepemimpinan Taliban Pakistan untuk pertama kalinya jatuh ke tangan bukan anggota faksi Mehsud, yaitu Mullah Fazlullah. Ia menggantikan Hakimullah Mehsud yang tewas oleh serangan drone AS November tahun lalu.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL