Peziarah

Foto: press tv

Baghdad, LiputanIslam.com — Total lima orang tewas dan sedikitnya 15 orang menderita luka-luka dalam ledakan bom mobil yang terjadi di wilayah Irak.

Di sekitar pos pemeriksaan keamanan di kawasan al-Taremiah, terjadi ledakan bom mobil yang dua orang polisi dan seorang warga. Delapan orang lainnya terluka, sebagaimana yang dilaporkan oleh Alforat.

Di hari yang sama, kembali terjadi serangan bom mobil yang menargetkan para peziarah Muslim Syiah di kota Taji, sekitar 30 km dari ibukota Baghdad. Mereka tengah menuju holy shrine di yang kawasan Kadhimiya. Ledakan ini menewaskan 2 warga sipil dan tujuh orang lainnya luka berat.

Sebagaimana yang dilaporkan Press TV, 11 Mei 2015, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Namun biasanya, menggunakan bom mobil yang menargetkan polisi maupun peziarah Syiah, lazim dilakukan oleh kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/ISIL/IS).

Misi Bantuan PBB untuk Irak (UNAMI) mengatakan total 812 warga Irak tewas dan 1.726 lainnya luka-luka akibat aksi terorisme, kekerasan dan konflik bersenjata pada bulan lalu.

Menurut UNAMI, jumlah korban sipil mencapai 535, sedangkan aparat keamanan yang tewas mencapai 277. Sebagaian korban adalah penduduk Baghdad.

Seperti diketahui, wilayah utara dan barat Irak berada dalam kondisi kacau balau sejak munculnya ISIS pada bulan Juni 2014. Kawanan teroris ini berhasil merebut dan menguasai Mosul, salah satu kota terbesar di Irak yang dihuni oleh mayoritas Muslim Sunni. Saat ini, tentara Irak telah bersatu dengan pasukan Kurdi, relawan Syiah dan suku-suku Sunni lokal dalam operasi melawan ISIS. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL