bom nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Sebuah acara nonton bareng Piala Dunia di sebuah kota di Nigeria diwarnai oleh aksi bom bunuh diri. Akibatnya sejumlah orang meninggal.

Seorang pegawai rumah sakit di kota Damaturu mengatakan kepada BBC truk mengangkuti orang-orang yang terluka untuk mendapatkan perawatan.

“Jumlah yang terluka sangat banyak, saya tidak bisa menghitungnya,” katanya. Belum ada keterangan tentang angka sebenarnya yang tewas dan luka-luka.

Para saksi mengatakan bahwa pelaku pemboman mengendarai kendaraan bermotor roda 3 dan meledakkan dirinya di dekat orang-orang yang tengah menonton pertandingan bola Brazil melawan Mexico, Selasa malam (17/6).

“Truk-truk militer dan polisi bolak-balik membawa korban, setiap truk dipenuhi oleh orang-orang yang terluka, dan semuanya adalah remaja dan anak-anak,” kata pegawai rumah sakit.

Mayat-mayat baru dibawa ke rumah sakit setelah semua korban yang terluka mendapat perawatan.

Penduduk Damaturu, Mohammed Kurkure Yobe, mengatakan kepada BBC bahwa tempat acara nobar piala dunia tersebut sudah sangat populer sebagai tempat hiburan bagi warga dan sering menyelenggarakan acara-acara pertunjukan.

Acara nonton TV bareng dimana orang-orang memberikan bayaran, masih sangat populer di seluruh Nigeria. Namun aparat keamanan telah mengingatkan warga untuk menghidari acara-acara tersebut karena kekhawatiran serangan oleh kelompok militan Boko Haram yang menganggap pertunjukan TV dilarang oleh agama.

Di Provinsi Adamawa, pemerintah setempat melarang semua acara nobar setelah menerima laporan inteligen bahwa kelompok militan akan melakukan serangan.

Provinsi-provinsi Borno, Yobe dan Adamawa telah ditetapkan sebagai daerah darurat sejak Mei 2013 akibat aksi-aksi kekerasan yang dilakukan kelompok Boko Haram yang telah menewaskan ribuan orang sejak tahun 2009.

Sebelumnya pada tanggal 1 Juni lalu, ledakan bom menewaskan 14 orang dalam sebuah acara nobar di Adamawa. Namun tidak ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab atas aksi biadab tersebut.

Pada bulan Maret sejumlah orang juga tewas akibat bom meledak saat menyaksikan pertandingan sepakbola bersama di sebuah gedung di kota Maiduguri, ibukota Provinsi Borno.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL