perang boko haramAbuja, LiputanIslam.com — Kelompok teroris Boko Haram menembak putra mantan Presiden Nigeria Olusegun Obasanjo dalam pertempuran.

Letkol Adeboye Obasanjo terluka dalam pertempuran melawan kelompok Boko Haram memperebutkan kota Michika di timur-laut Nigeria. Demikian laporan BBC News.

“Sejumlah pemberontak juga tewas dalam pertempuran,” kata jubir militer, menambahkan 2 perwira dan 3 prajurit lainnya juga terluka dalam pertempuran.

Serangan yang dialami Obasanjo dan pasukan yang dipimpinnya terjadi bersamaan dengan serangan udara yang dilakukan militer Nigeria terhadap kelompok Boko Haram. Demikian laporan media lokal This Day.

Adeboye Obasanjo kini dalam kondisi stabil di rumah sakit yang merawatnya, demikian jubir militer menambahkan.

Olusegun Obasanjo adalah veteran Perang Sipil Nigeria tahun 1967-1970, ketika militer memadamkan pemberontakan negara bagian Biafra yang berusaha memisahkan diri. Pada akhir dekade 1970-an ia menjadi penguasa militer sebelum terpilih sebagai presiden melalui pemilu demokratis tahun 1999.

Pada bulan Mei lalu ia menuduh Presiden Goodluck Jonathan telah gagal mengendalikan keamanan, terutama di wilayah timur-laut Nigeria, sehingga tidak layak memimpin negara.

Bulan lalu Boko Haram mendeklarasikan Khilafah  Islam di wilayah yang dikuasainya di timur-laut Nigeria.

Para pengamat mengkhawatirkan Nigeria, negara paling  padat di Afrika, jatuh dalam krisis seperti halnya terjadi di Irak dan Suriah akibat ulah kelompok Boko Haram. Sejak mendeklarasikan diri sebagai pemberontak tahun 2009, kelompok ini telah menewaskan ribuan orang.

BBC melaporkan, ribuan orang telah meninggalkan kota Mubi, kota terbesar dan pusat ekonomi di negara bagian Adamawa, di tengah kekhawatiran Boko Haram menjadikan kota tersebut sebagai sasaran serangan berikutnya.

Sebelumnya Boko Haram telah menduduki kota Michika dan Bazza, 2 kota di dekat Mubi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL