boko-haram5Maiduguri, LiputanIslam.com Sekelompok pasukan bersenjata yang diduga kelompok Boko Haram, melancarkan serangan ke Maiduguri, ibukota negara bagian Borno, Nigeria, hari  Jum’at (14/4).

Sumber-sumber keamanan mengatakan para penyerang menyelinap masuk Maidugiri dan berpencar dalam beberapa kelompok, beberapa bergerak menuju barak Giwa, beberapa kelompok menyerbu Universitas Maidugiri, beberapa kelompok lainnya mengepung pemukiman Fouri, sebuah pemukiman lokal elit dan sementara ratusan lainnya menyerang beberapa bagian pemukiman GRA (pemukiman mewah yang dulu biasa dijadikan standar pemukiman oleh kolonial) baru.

“Mereka membakar rumah-rumah di Fouri dan membunuh orang-orang tak bersalah! Aku selamat atas berkat rahmat Allah,” Jamilah Yusuf, saksi mata kejadian menceritakan kepada koresponden Daily Trust via telpon.

” Aku menyaksikan mayat-mayat bergelimpangan! Korban tertembak bergeletakan dimana-mana! Sangat banyak orang datang berbondong-bondong menggunakan semacam baju panjang dan mengacung-ngacungkan senjata dan meneriakkan takbir sambil membakar rumah-rumah,” tambahnya.

Serangan tiba-tiba di pagi hari itu mengejutkan warga yang baru saja merayakan kembalinya kedamaian di wilayah ibukota menyusul serangan  Sambisa Forest yang dilakukan pasukan gabungan dimana ratusan gerilyawan pemberontak terbunuh  dan  kamp pelatihan mereka ditutup.

Sebuah jet terlihat mengitari Barak Giwa selama penyerbuan terjadi. Beberapa bunyi ledakan bom terdengar semenjak pukul tujuh pagi waktu setempat dan masih terus terdengar berdentum saat masyarakat melarikan diri dari rumah-rumah mereka.

“Asap tebal memenuhi udara. Para penyerang telah melemparkan bahan peledak ke arah barak dan tentara-tentara yang ada di dalam barak membalas serangan itu dengan tembakan,” ucap Hairu Musa yang tinggal tak jauh dari barak tersebut.

“Saat ini asap tebal mengepul dari dalam barak, tapi tak ada yang tahu apakah para penyerang telah berhasil masuk ke dalam barak atau belum, yang jelas saat ini pertempuran tengah berlangsung,” tambahnya.

Brigade Giwa 21 adalah pagar betis militer di negara bagian Borno sebelum dibentuknya Divisi 7 Angkatan Darat Nigeria.

Masih belum jelas siapakah ratusan penyerang yang menyerbu Maiduguri tersebut, namun beberapa sumber mengatakan mereka adalah teroris Boko Haram yang datang melewati bendungan Alau Dam sungai Ngadda.(lb/dailytrust)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*