boko haram tankAbuja, LiputanIslam.com — Kelompok teroris Boko Haram kembali menyerang kota penting Maiduguri, ibukota Provinsi Borno yang menjadi ajang pertempuran antara pasukan pemerintah melawan kelompok itu. Jatuhnya kota ini akan menjadi pukulan berat bagi Presiden Jonathan menghadapi pemilu mendatang.

Para saksi mata mengatakan, serangan Boko Haram dimulai pada pukul 3.00 Minggu dinihari (1/2), di bagian selata Maiduguri, namun berhasil ditahan oleh pasukan pemerintah dan milisi lokal. Sebanyak 8 orang tewas dalam serangan ini.

“Seluruh kota ketakutan,” kata warga bernama Adam Krenuwa kepada AFP sebagaimana dilansir Russia Today, Minggu (1/2) petang.

Boko Haram diketahui melakukan serangan di tiga titik di selatan Maiduguri. Seorang pejabat keamanan setempat mengatakan kepada Reuters. Setelah berjalan beberapa jam, pertempuran kemudian berpusat di daerah Mulai, 3 kilometer di selatan kota.

“Serangan teroris di Maiduguri pada Minggu dinihari dengan cepat berhasil ditahan. Para teroris menderita banyak kerugian,” kata Jubir Kemenhan Nigeria Chris Olukolade kepada wartawan.

Sebelumnya Boko Haram juga pernah menyerang Maiduguri pada tanggal 25 Januari, namun berhasil digagalkan setelah menelan nyawa 100 orang.

Kota Maiduguri menjadi simbol kekuatan pemerintah dan militer Nigeria melawan Boko Haram. Jika kota ini jatuh maka kredibilitas dan moral pemerintah dan militer, akan turut jatuh dan diperkirakan Boko Haram akan semakin merajalela. Jatunya kota ini juga akan menimbulkan krisis kemanusiaan yang serius, mengingat kekejaman kelompok Boko Haram.

Saat ini di kota berpenduduk lebih dari sejuta orang itu berkumpul ratusan ribu pengungsi dari wilayah-wilayah di Provinsi Borno yang jatuh ke tangan Boko Haram. Pada tanggal 14 Februari mendatang akan digelar pemilihan umum di Nigeria. Jatuhnya Maiduguri akan menjadi pukulan serius bagi Presiden Jonathan yang berambisi memperpanjang kekuasaannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL