boko haram2Abuja, LiputanIslam.com — Lebih dari 50 warga diduga kuta telah diculik oleh kelompok teroris Boko Haram. Demikian laporan BBC News, Jumat (15/8), mengutip keterangan penduduk dan pejabat lokal di Nigeria.

Penduduk sebuah desa di pinggir Danau Chad melaporkan sebanyak 50 penduduk hilang setelah serangan yang dilakukan Boko Haram atas desa mereka. Seorang saksi juga menyebutkan 26 warga tewas dalam serangan terhadap Desa Doron Baga pada hari Minggu (10/8).

Lokasi penculikan yang terpencil dan infrastuktur komunikasi yang minim mengakibatkan laporan itu terlambat diketahui.

Lebih dari 2.000 orang warga Nigeria diperkirakan telah tewas akibat serangan-serangan yang dilakukan Boko Haram sejam kelompok ini memberontak tahun 2009. Pada bulan April lalu, kelompok ini mengundang kemarahan dunia setelah menculik ratusan pelajar putri di kota Chibok, Provinsi Borno yang menjadi wilayah paling berdarah oleh aksi-aksi Boko Haram.

Meski penduduk berusaha melawan, namun mereka tidak berdaya menghadapi kelompok bersenjata lengkap Boko Haram, demikian keterangan pemuka desa kepada BBC. Boko Haram kemudian membakar rumah-rumah dan menangkap sekitar 50 orang warga.

Sebagian besar warga yang diculik itu adalah perempuan, namun beberapa remaja pria dan wanita juga ikut diculik.

Para saksi mengatakan, mereka baru bisa melaporkan peristiwa itu setelah pergi ke ibukota Provinsi, Maiduguri. Militer Nigeria masih belum mengeluarka keterangan tentang insiden ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL