pemilu nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Kelompok teroris takfiri Boko Haram membunuh 44 orang, termasuk seorang anggota parlemen dan mencegah ratusan orang mengikuti pemilihan presiden dan legislatif yang digelar hari Sabtu (28/3) kemarin.

Seperti dilansir Press TV, Minggu (29/3), Boko Haram menyerbu kota Miringa di negara bagian Borno, sebelum senja, hari Sabtu. Mereka membakari rumah-rumah dan menembaki orang-orang tanpa pandang bulu. Sekitar 25 orang meninggal dalam serangan ini.

“Mereka telah mengeluarkan ancaman-ancaman sebelumnya, untuk tidak mengikuti pemilihan umum hari ini,” kata Mallam Garba Buratai, penduduk Miringa yang menyaksikan aksi Boko Harama itu.

Kemudian pada hari yang sama, Boko Haram juga menyerang kota Biri dan Dukku di negara bagian Gombe. Dalam serangan ini 14 orang tewas, termasuk seorang anggota parlemen negara bagian itu bernama Umaru Ali.

Selain itu, dua orang lagi tewas ketika anggota-anggota Boko Haram menembaki tempat pemungutan suara di kota Birin Bolawa dan Birin Fulani.

Boko Haram juga diketahui telah menyerang 4 kota lainnya di negara bagian Yobe, menembakkan senjata ke udara untuk menakut-nakuti warga untuk tidak datang ke tempat pemungutan suara.

Di sisi lain, tiga orang, termasuk seorang tentara, terluka setelah ditembak Boko Haram di negara bagian Rivers. Dua bom mobil juga meledak di tempat-tempat pemungutan suara, namun tidak ada laporan korban.

Sementara itu pemerintah memperpanjang masa pemungutan suara hingga hari Minggu (29/3) akibat logistik yang terlambat datang dan mesin pembaca kartu yang tidak bisa mengenali tanda tangan pemilih.

Kandidat presiden yang maju dalam pemilihan ini adalah Goodluck Jonathan yang merupakan presiden inkumben, dan mantan panglima militer Muhammadu Buhari. Jonathan berusaha terpilih untuk masa jabatan ke-empatnya, sedangkan bagi Buhari, ini adalah kesempatan terakhirnya untuk menjadi presiden setelah 3 kali dikalahkan Jonathan.

Sedangkan untuk pemilihan legislatif sebanyak 739 kandidat bersaing untuk memperbutkan 109 kursi parlemen, dan 1.780 kandidat bersaing untuk memperebutkan 360 kursi anggota MPR.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*