Abubakar-ShekauAbuja, LiputanIslam.com — Kelompok teroris Boko Haram merilis video yang menunjukkan pemimpinnya, Abubakar Shekau, masih hidup. Ini membantah klaim militer Nigeria yang menyebutkan Shekau telah tewas pada tahun 2009 lalu.

Sebagaimana laporan BBC News, Kamis (3/10), dalam video yang dirilis Boko Haram itu Abubakar Shekau mengatakan pasukannya berhasil menembak jatuh pesawat tempur Nigera yang hilang 3 minggu yang lalu.

Minggu lalu militer Nigeria mengumumkan berhasil membunuh orang yang berpose sebagai Shekau melalui operasi militer bulan Agustus lalu dan mengklaim bahwa Shekau yang asli telah tewas dibunuh militer tahun 2009.

Jurnalis Nigeria Ahmad Salkida, yang memiliki kontak dengan kelompok Boko Haram, berkicau di akun Twitter minggu lalu bahwa “Shekau masih hidup dan sehat”.

Namun masih belum jelas, dimana dan kapan video Abubakar Shekau itu dibuat sebelum diterima kantor berita Perancis AFP. Namun editor BBC, Mansur Liman, menyebutkan bahwa Abubakar Shekau dalam video itu sama dengan orang yang sama dalam video-video yang beredar sebelumnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL