Foto ilustrasi (tribun)

Foto ilustrasi (tribun)

Jakarta, LiputanIslam.com — Pengguna narkoba makin marak dikalangan mahasiswa, itu dinyatakan oleh Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumirat Dwiyanto. Menurutnya, dari 480 ribu, sekitar 22 persen pengguna narkoba adalah berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Berdasarkan penelitian BNN, ada 22 persen atau 90 ribu pecandu, atau pengguna narkotika berada di kelompok pelajar dan mahasiswa,” kata Sumirat, Senin, 25 Agustus 2014.

Menurutnya, pengungkapan narkoba di kampus butuh informasi yang akurat. Misalnya, melalui kerja sama dengan pengelola kampus. Namun, BNN juga menerima laporan masyarakat apabila menemukan indikasi penyalahgunaan narkoba di dalam kampus.

“Kalau memang ada indikasi, ada data terkait dengan itu, tidak masalah. Kita akan kerja sama dengan kampus,” kata Sumirat, seperti dilansir Tribunnews, 26 Agustus 2014.

Adapun program penanganan narkoba di kampus dari BNN, telah menyasar sekitar 50 kampus di Jakarta. Para mahasiswa diberikan pendidikan dan penyuluhan untuk mencegah terjerumus pada narkoba. (Baca: UNAS Dikuasai Pengedar Narkoba)

Apa Pemicu Penggunaan Narkoba?

Dari laporan bnn.go.id. disebutkan beberapa beberapa faktor yang menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba. Antara lain:

Faktor Individu

  1. Keingintahuan yang besar untuk mencoba, tanpa sadar atau berpikir panjang mengenai akibatnya
  2. Keinginan untuk bersenang-senang
  3. Keinginan untuk mengikuti trend atau gaya
  4. Keinginan untuk diterima oleh lingkungan atau kelompok
  5. Lari dari kebosanan, masalah atau kesusahan hidup
  6. Pengertian yang salah bahwa penggunaan sekali-sekali tidak menimbulkan ketagihan
  7. Tidak mampu atau tidak berani menghadapi tekanan dari lingkungan atau kelompok pergaulan untuk menggunakan narkotika

Selain faktor diri, lingkungan juga memilki peran besar dalam menjerumuskan seseorang ke dalam pengaruh narkoba. Faktor lingkungan, meliputi:

  1. Lingkungan keluarga, hubungan ayah dan ibu yang retak, komunikasi yang kurang efektif antara orang tua dan anak, dan kurangnya rasa hormat antar anggota keluarga merupakan faktor yang ikut mendorong seseorang untuk menggunakan narkoba.
  2. Lingkungan sekolah atau tempat belajar lainnya, akibat kondisi sekolah yang kurang disiplin, terletak dekat tempat hiburan, kurang memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan diri secara kreatif dan positif, dan adanya murid pengguna narkoba, merupakan faktor kontributif terjadinya penyebaran narkoba secara sistematis.
  3. Lingkungan teman, akibat adanya kebutuhan akan pergaulan bersama teman-teman, mendorong remaja untuk dapat diterima sepenuhnya dalam kelompoknya. Ada kalanya menggunakan narkotika merupakan suatu hal yang penting bagi remaja agar diterima dan dianggap sebagai orang dewasa. (ba)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL