Sumber: setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Deputi Bidang Metereologi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahardi Prabowo mengatakan bahwa potensi penyebaran asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih tinggi. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat agar tetap waspada terhadap sebaran asap tersebut.

“Titik panas tersebut khususnya muncul di wilayah Sumatra Selatan, Kalimantan Tengah, Jambi dan Kalimantan Timur, sedangkan jumlah titik panas di Riau, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat cenderung menurun,” katanya seperti dilansir setkab.go.id Jakarta pada Selasa (15/10).

Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan, ada potensi angin bergerak ke arah Barat Daya. Sebaran asap dari jumlah titik hotspot ini cenderung meluas di Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatra Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Walaupun beberapa wilayah Sumatra dan kalimantan sudah mulai turun hujan ringan – sedang, namun masyarakat tetap harus waspada.

“BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di wilayah dekat dengan karhutla untuk selalu mewaspadai untuk selalu berhati-hati akan adanya potensi sebaran asap,” ucapnya.

Baca: Palapa Ring, Komitmen Pemerintah untuk Indonesia Sentris

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, BMKG membuka layanan 24 jam, yaitu melalui: call center 021-6546315/18; http://www.bmkg.go.id; follow @infobmkg; atau mendatangi langsung kantor BMKG terdekat. (aw/setkab/tribun).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*