blogger bangladeshDhaka, LiputanIslam.com — Seorang blogger terkenal Bangladesh tewas dibunuh oleh sekelompok penyerang tak dikenal di ibukota Dhaka, Kamis malam (26/2).

Avijit Roy yang dikenal sebagai seorang atheis yang mengkampanyekan sekularisme, tewas diserang saat berjalan pulang bersama istrinya dari sebuah pameran buku. Istrinya mengalami luka-luka dalam serangan itu. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Jumat petang.

Belum ada tersangka yang ditetapkan, namun polisi mengatakan tengah melakukan penyelidikan terhadap sebuah kelompok militan yang memuji pembunuhan itu.

Roy dan istrinya tinggal di Amerika dan datang ke Bangladesh untuk menghadiri pameran buku tersebut.

Sebelum serangan itu, demikian keluarga Roy mengatakan kepada BBC, mereka telah menerima ancaman pembunuhan Roy setelah ia menulis artikel pro-sekularisme di blognya yang berbahasa Bengali Mukto-mona (Pikiran Bebas).

Dalam artikelnya itu ia memuji atheisme sebagai “konsep rasional untuk melawan setiap kepercayaan yang tidak rasional dan tidak ilmiah”.

Terkait dengan pembunuhan itu Jubir Kemenlu AS Jen Psaki menyebut peristiwa itu sebagai serangan terhadap kebanggan Bangladesh sebagai negara yang melindungi kebebasan berpendapat.

Diketahui setidaknya 2 dari penyerang itu memukul Roy dana istrinya dengan pisau pemotong daging. Demikian kepala polisi setempat Sirajul Islam mengatakan kepada Associated Press. Setelah menyerang, mereka membuang senjatanya dan menghilang di balik keramaian.

Dalam artikel yang akan dipublis di majalah Free Inquiry’bulan April mendatang, Roy menyebut eksremis agama sebagai ‘virus yang sangat beracun’. Tahun lalu ia mengklaim menerima ancaman pembunuhan dari kelompok ekstrem Islam setelah bukunya ‘The Virus of Faith’ dirilis dalam sebuah pameran buku.

Pembunuhan ini mengulangi peristiwa pembunuhan terhadap blogger Ahmed Rajib Haider tahun 2013, yang juga dianggap sebagai tokoh sekularis dan anti-Islam.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL