wasiqhur rahmanDhaka, LiputanIslam.com — Seorang blogger kembali tewas diserang orang-orang ekstremis di Bangladesh. Washiqur Rahman tewas setelah diserang di dekat rumahnya di Dhaka, demikian laporan BBC News, Senin (30/3).

Seorang pejabat kepolisian mengatakan kepada AFP bahwa 2 orang pelajar sebuah sekolah agama yang diduga mengajarkan ekstremisme, ditangkap karena diduga sebagai pelaku penyerangan berujung maut itu.

Imran Sarker, ketua kelompok blogger di Bangladesh, mengatakan kepada AFP bahwa Washiqur Rahman adalah seorang “pemikir bebas yang progressif”, meski oleh para anggota kelompok militan ia dianggap sebagai atheis-sekularis yang anti-Islam.

Sebulan sebelumnya Avijit Roy, seorang warga AS keturunan Bangladesh, diserang hingga tewas dengan pisau panjang setelah menghadiri sebuah pameran buku di Univerisitas Dhaka. Istrinya mengalami luka parah dalam serangan itu.

Roy adalah seorang blogger yang aktif mengkampanyekan sekularisme dan atheisme. Seorang yang diduga sebagai pelakunya telah ditangkap, namun sejumlah pelaku lainnya masih buron.

Pelaku yang ditangkap, Shafiur Rahman dikenal sebagai “blooger fundamentalis”. Polisi menyebut kasus ini terkait dengan kelompok Hizbut Tahrir yang dilarang di Bangladesh.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*