bill clintonWashington DC, LiputanIslam.com — Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton akan mengunjungi Srebrenica pada hari Sabtu (11/7) menghadiri peringatan 20 tahun pembunuhan massal sekitar 8.000 warga Muslim Bosnia oleh tentara Serbia-Bosnia.

Clinton, yang menjabat sebagai presiden AS pada periode 1993-2001, akan memimpin delegasi kepresidenan AS, demikian disampaikan pejabat Gedung Putih, Rabu petang waktu setempat, seperti dikutip Antara dari AFP.

Sebelumnya, pihak Rusia telah memveto rancangan resolusi PBB yang mendesak pengakuan pembantaian Srebrenica sebagai pembunuhan genosida, dengan alasan tidak adil untuk menyalahkan semua kejahatan perang kepada kelompok Serbia-Bosnia.

Pasukan Serbia-Bosnia yang dipimpin oleh Ratko Mladic menyerang kawasan yang dilindungi oleh PBB di Srebrenica pada tanggal 11 Juli 1995, menjadikannya sebagai insiden paling kelam dalam Perang Bosnia yang berkecamuk pada tahun 1992 hingga 1995.

Tentara Mladic melumpuhkan tentara penjaga perdamaian PBB asal Belanda yang minim senjatanya, sebelum membawa ribuan laki-laki dewasa dan anak-anak yang beragama Islam dengan truk dan membawa mereka ke hutan untuk dieksekusi di sebuah hutan. Para korban kemudian dikubur di sebuah kuburan massal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL